Minggu, 07 Desember 2008

Buku, dan Belajar Mandiri

Belajar mandiri adalah suatu terobosan aktivitas belajar yang dilakukan siswa/mahasiswa, yang ingin meningkatkan pengetahuannya tanpa menggantungkan diri dari guru, atau dosen. Untuk mendukung proses ini berjalan optimal, buku mempunyai peran yang sangat penting. Tanpa buku, proses belajar tidak akan menjadi optimal. Buku dalam belajar mandiri berperan sebagai guru, atau dosen.
Buku yang ditulis oleh para pakar sesuai dengan bidang keahliannya, mungkin ada isi bukunya yang ditulis tidak bisa dipahami oleh pembaca, siswa, mahasiswa. Atau bahkan mungkin ada kesalahan konsep dalam pemaparannya, maka dipandang perlu membaca buku-buku lain yang sejenis.
Melalui buku pemahaman terhadap suatu pengetahuan akan meningkat. Buku adalah sebagai media belajar bagi semua orang. Buku di samping berperan sebagai guru, dapat juga berperan sebagai teman. Bertanya pada buku, jika ada suatu yang tidak diketahui. Kini sudah ada buku elektronik yang bisa dibaca melalui berbagai media. Baca buku, baca buku, dan baca buku.......!

Tidak ada komentar: