Minggu, 07 Desember 2008

Kuliah Maya

Kuliah Maya (online) di era teknologi informasi dan komunikasi saat ini merupakan suatu tuntutan. Namun untuk dapat berlangsungnya sistem perkuliahan online, banyak faktor yang harus dipersiapkan, antara lain: infrastruktur jaringan online, administrator, programer, teknisi, dan dosen pengelola mata kuliah. Dari segi user dalam hal ini mahasiswa harus dipersiapkan kemandiriannya.
Kemandirian mahasiswa dewasa ini tampaknya sudah tidak perlu diragukan. Justru yang masih diragukan adalah kesiapan dosen dalam mengelola sistem perkuliahan dari mata kuliah yang diasuh oleh dosen tersebut. Dosen dituntut mempersiapkan berbagai hal, antara lain: (1) memahami sistem kerja Learning Management System (LMS) yang digunakan, (2) menyiapkan materi dalam bentuk file-file elektronik yang akan disimpan di server, (3) tugas-tugas mahasiswa, (4) latihan soal-soal, (5) pengumuman, (6) forum, dll.
Dengan penerapan sistem perkuliahan online pada dasarnya menuntut kedisiplinan dari kedua belah pihak, baik pihak dosen maupun mahasiswa. Mahasiswa tidak akan dapat mengirimkan tugas jika waktu yang diberikan telah lewat. Desen dituntut mempersiapkan soal-soal latihan dan mengirimkan ke server, termasuk prosedur penilaiannya. Namun dibalik kesibukan dosen mempersiapkan soal-soal tersebut, dosen tyidak perlu menyediakan waktu dan tenaga untuk memeriksa, karena nilai sudah langsung tampil setelah mahasiswa selesai mengerjakan.
Ok... Kita coba terapkan....!

1 komentar:

undiksha mengatakan...

menurut saya pelatihan weblog ini sangat bermanfaat bagi kita karena dengan diadakannya pelatihan ini, kita bisa menambah pengetahuan melalui media internet.untuk pelatihan selanjutnya saya harap bisa diikuti oleh seluruh perwakilan jurusan di undiksha.